Tuesday 18 March 2014

MEROKOK MEMANG HAK SETIAP MANUSIA SEBAGAI SEORANG INDIVIDU. NAMUN MELALUI ARTIKEL INI PENULIS MENGAJAK PARA PEROKOK UNTUK BERPIKIR LEBIH LUAS SERTA BIJAK, TENTANG KONSEKUENSI HIDUP JANGKA PANJANG. PEROKOK TIDAKLAH HIDUP SENDIRI, SETIDAKNYA MEMILIKI KELUARGA YANG MEREKA SAYANGI.


1. ALASAN DARI KEBANYAKAN ORANG MEROKOK
Kalau di jaman penulis dulu, pada umumnya remaja mulai berani merokok pada usia SMP, itupun sambil sembunyi-sembunyi. Termasuk penulis sendiri dulu mulai merokok ketika SMP kelas 2, sampai akhirnya penulis berhenti total merokok ketika masih SMA kelas 2. Seperti alasan kebanyakan temen-temen yang lain ketika itu, alasan merokok di kala memasuki usia-usia puber itu adalah tak lain dan tak bukan sekedar motivasi secara psikologi ingin dianggap keren dan jantan. Sama juga seperti alasan ketika waktu itu nindik kuping pake anting, sering tawuran, gampang berantem, dan lain-lain. Sedangkan mereka yang menolak merokok diteriakin banci, bentuk dari bullying !!!
 26819698_d5ea655bcb 

Nah berawal dari ngerokok niatnya sebagai tuntutan pergaulangan, terus secara psikologis pengen dianggap keren, pengen dianggap laki, pengen dianggap macho, pengen dianggap jantan. Akhirnya kebablasan jadi kebiasaan dan akhirnya ya berujung pada kecanduan rokok!. Karena memang rokok punya kandungan-kandungan zat adiktif yang bersifat mencandu, seperti halnya zat adiktif yang terdapat pada narkoba. Hanya saja bedanya kalau pada rokok tingkat adiktifnya gak sampe level sakaw macem narkoba. Yang hanya merasakan galau, kurang nyaman, bibir rasanya pahit, kurang tenang, dll. Nah kalau gak segera berhenti merokok, akhirnya umumnya keterusan sampai tua, bahkan sampai usia renta. Anak cucu pun bisa menirukan, bukan contoh yang baik!
Rokok dan narkoba sama-sama merugikan, sama-sama merusak tubuh. Bedanya, narkoba tingkat merusaknya lebih cepat. Kecepatan merusak antara narkoba dan rokok seperti perbandingan kecepatan motor 250 cc dengan 125 cc, namun keduanya akan sampai ke jurang finish yang sama, yaitu kehancuran!

MEROKOK ADALAH BERINVESTASI PENYAKIT MASA DEPAN


2. ANTARA IKLAN DAN KENYATAAN MENJADI PECANDU ROKOK

Tidak bisa dipungkiri betapa besar peran iklan untuk menjaring konsumen rokok. Di Indonesia iklan rokok penuh sesak memenuhi berbagai media, dari iklan televisi, iklan cetak sampai sponsor olahraga. Iklan rokok membuai para perokok dengan berbagai imajinasi karakter. Padahal, jika mau ditelaah dengan akal sehat dan objektifitas, imajinasi persuasif yang ditawarkan iklan dengan kenyataan yang ada berbeda 180 derajat!

PEROKOK TANGGUH, JANTAN DAN PEMBERANI ITU HANYA DI IKLAN

 

5289377_20140128055321

(1) Ketika kalian sudah kecanduan sama rokok, semakin lama stamina tubuh akan berkurang, karena racun-racun dalam kandungan rokok terus ‘menggerogoti’ tubuh kalian. Salah satu buktinya adalah dari hasil sekian banyak pembedahan medis terhadap tubuh perokok dan non-perokok hasilnya sangat nyata, pecandu rokok paru-parunya menghitam dan banyak terdapat kerusakan. Jadi jangan heran ketika seorang perokok apalagi pecandu rokok selalu ngos-ngosan tiap kali lari atau kerja berat, otomatis kerja gak maksimal. Inikah tangguh?
(2) Residu rokok yang mengendap seperti lemak di saluran pembuluh darah sudah tentu mempersulit kelancaran aliran darah ke seluruh tubuh kalian. Buruknya kualitas pernafasan dan aliran darah kerap menjadikan perokok menjadi pria impoten yang loyo dan pecundang di ranjang. Gak bisa ereksi plus ejakulasi dini. apakah bisa dianggap macho dan jantan? Sebagian cari solusi instant, yaitu obat kuat yang berbahaya bagi jantung. Suami yang baik tentunya tidak boleh egois, istri juga ingin merasakan kepuasan biologis. Banyak kasus istri menderita secara psikologi karena suaminya impoten. Karena rasa cinta mereka pura-pura puas agar suami tidak minder. Pecandu rokok gak mikir hal ini !!!. Sayang sama istri ? Berhentilah merokok sekarang!
Tahukah kalian bahwa Eric ‘Marlboro Man’ Lawson yang merupakan bintang iklan rokok ternama, meninggal akibat gagal pernafasan karena mengidap penyakit paru obstruktif kronik (COPD). Begitu pula rekan-rekannya bintang iklan rokok lainnya yang meninggal karena penyakit-penyakit terkait rokok, seperti efisema.

MEROKOK TERLIHAT KEREN ITU HANYALAH PSIKOLOGIS PADA MASA PUBER



MEROKOK BIKIN ORANG BERKESAN “SMART” ITU HANYA IKLAN

 

5289377_20140129062248 
Teringat ucapan temen: “Kalau ternak itu kambing atau sapi. Jangan bodoh diternak”
Beberapa produsen rokok yang levelnya sudah mature atau mapan, kerap menghadirkan iklan rokok yang menampilkan karakter-karakter model iklan yang smart atau cerdas bahkan jenius. Iklan tipe soft sell seperti ini mencoba merpersuasif audiensnya untuk merasa seperti karakter dalam iklan yang ada, berpikiran cerdas, jenius dan yang semisalnya. Sehingga di bawah alam sadar mereka akan muncul mindset bahwa rokok yang diiklankan tersebut adalah rokoknya orang-orang yang cerdas, atau jenius atau berintelektual tinggi. Padahal mau ngehabisin rokok segudang pun, tidak akan menyulap kita jadi seperti di iklan rokok.
video 97 detik yang luar biasa


BANYAK DARI PECANDU ROKOK BERSIKAP EGOIS HINGGA IRASIONAL

5289377_20140129064154

 

ROKOK DAPAT MEMATIKAN HATI NURANI DAN MEMUNCULKAN SIKAP TIDAK RASIONAL



Pecandu rokok sering menjadi orang yang egois dan tidak punya tenggang rasa terhadap orang disekitarnya. Contoh mudahnya merokok di area publik tanpa peduli ada non-perokok di sekitarnya yang terganggu, semisal di angkutan umum, di rumah makan, dll. Norma dan sopan santun yang semula dimiliki, terkadang lenyap setelah kecanduan rokok, berubah menjadi sikap yang cuek atau masa bodoh. Realita

TANPA ROKOK GAK BISA MIKIR HANYALAH SUGESTI KECANDUAN

 




dr31gl
Salah satu pembelaan terakhir dari pecandu rokok adalah berpendapat bahwa tanpa rokok mereka tidak bisa mikir dengan bener, gak bisa konsentrasi, dll. Kenyataannya sebaliknya, candu rokok malah membuat perokok jadi mikir gak bener, contohnya: siap menantang bahaya sakit keras bertahun-tahun sampai mati daripada gak merokok, padahal punya anak istri. Sama kasusnya kaya atlit milih pake obat doping ketimbang bekerja keras latihan keras untuk berprestasi. Penulis mantan perokok, berhenti rokok malah meningkatkan kualitas. Buktinya penulis dapat menyelesaikan projek-projek kampus tanpa merokok. Banyak cara untuk dapat rileks tanpa harus merusak tubuh kita dengan racun. Banyak cara untuk dapat tenang dan fokus tanpa harus merelakan kesehatan yang telah Tuhan Yang Maha Esa berikan kepada kita. Sangat banyak orang ketika mereka belum merokok, mereka bisa berpikir dengan tenang, dengan fokus dan berprestasi. Namun setelah kecanduan, seolah mereka tak bisa hidup tanpa rokok. Tidak bisa rileks tanpa rokok itu hanyalah sugesti yang negatif.


3. RENUNGAN DAN MOTIVASI BERHENTI MEROKOK
 
Namun terkadang susahnya menyadarkan seorang yang sudah kecanduan rokok adalah mereka terus mencari pembenaran-pembenaran yang terkadang memakai alasan-alasan yang irasional dan bahkan konyol jika dinalar akal sehat yang kadang jadi debat kusir.
5289377_20140130065537315ob5h


4. HARGAILAH DIRI KALIAN SENDIRI DAN ORANG LAIN

Rokok dengan berbagai kandungannya yang penuh racun, tak hanya akan ‘meracuni’ diri kalian, namun juga dapat ‘meracuni’ dan menyakiti orang-orang disekitar kalian, termasuk orang-orang yang kalian sayangi. Paparan asap rokok yang agan tiupkan akan meracuni orang di sekitar kalian sebagai perokok pasif, bahkan termasuk racun-racun yang telah mengendap dan menempel di baju kalian setelah habis merokok itu masih bisa meracuni orang-orang disekitar kalian secara perlahan-lahan. Terlebih lagi jika di sekitar kalian terdapat balita dan anak-anak yang imunitas mereka tidak sekuat orang dewasa. Ketika perokok pasif dewasa saja dapat beresiko menderita berbagai penyakit berbahaya ketika berada di sekitar perokok aktif, apalagi resikonya bagi balita dan anak-anak. Menyakiti diri sendiri saja kelak akan dimintai pertanggung jawaban, apalagi ditambah menyakiti orang lain.

5289377_20140218071710

 

JIKA KITA ADALAH ORANG YANG BIJAK DAN BERSIKAP DEWASA, SUDAH SEHARUSNYA PENGALAMAN ORANG LAIN SEPERTI YANG ADA DI ATAS SEBAGAI PELAJARAN BERHARGA DAN BUKAN BERSIKAP BEBAL ATA

 

5. BERBAGAI MOTIVASI TAMBAHAN UNTUK BERHENTI MEROKOK


KALIAN AKAN MENJADI PANUTAN YANG BAIK UNTUK ANAK, KELUARGA DAN LINGKUNGAN
KALIAN DAPAT HIDUP LEBIH SEHAT, BEGITU PULA KELUARGA DAN LINGKUNGAN KALIAN
KALIAN MENURUNKAN RESIKO TERKENA PENYAKIT BERBAHAYA DAN JUGA KRONIS
KEUANGAN KALIAN AKAN MENJADI LEBIH BAIK DAN KALIAN LEBIH BIJAK MENGGUNAKANNYA
KALIAN AKAN LEBIH DIHARGAI LINGKUNGAN, KETIKA KALIAN BISA MENGHARGAI ORANG LAIN
 
 
Sumber : Kaskus.co.id & Pengalaman Pribadi Penulis

0 komentar:

Post a Comment